Pemerintah Segera Bertindak Terhadap Banjir

0
672

(Vibiz Media – Nasional) Setelah berkunjung ke Yogyakarta untuk melakukan silaturrahim Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-6, Presiden Jokowi segera menggelar rapat terbatas di Kantor Presiden untuk membahas tentang penanganan banjir yang terjadi di Indonesia khususnya waktu dekat ini di Jakarta, Jawa Barat dan Aceh.

Beberapa kementerian terkait yang hadir diantaranya Menteri Perhubungan, Menteri Pekerjaan Umum & Perumahaan Rakyat, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menkominfo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menko Pembangunan Manusia dan kebudayaan serta Plt Gubernur Banten, Gubernur Jawa Barat, Gubernur DKI Jakarta, Walikota Bogor, Plt Kapolri dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dalam pembukaan rapat Presiden Jokowi menyampaikan mulai dari bulan Desember tahun lalu hampir di semua provinsi di Indonesia terkena banjir, sekalipun telah dilakukan penanganan secara fisik melalui penghijauan dan ini tidak hanya dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum tetapi juga merupakan peranan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kepala Humas BNPB Sutopo Nugroho, menyampaikan sejak tanggal 8 Feb sampai hari ini (11/2) penyebab banjir Jakarta tidak mudah diatasi dan yang menjadi penyebab utamanya pada aspek drainase yang disebabkan curah hujan yang ekstrim bahkan pada tanggal 8 Februari mencapai 177 mm/hari, tanggal 9 Februari mencapai 361 mm/hari sehingga drainase di Jakarta tidak sanggup menampung dan mengakibatkan banyaknya genangan di banyak tempat khususnya di sekitar Jakarta Pusat, Utara dan Barat.

Sampai dengan saat ini, telah terdapat sekitar 5900 pengungsi akibat banjir yang terjadi di seputar Jakarta. Langkah penanganan yang dilakukan BNPB melalui pemberian bantuan logistik serta evakuasi korban bersama Polri dan Menwa dengan mendirikan 28 posko taktis diantaranya 23 titik di Jakarta, 3 titik di Tangerang dan 3 titik di Bekasi.

Penanganan banjir masih perlu terus diantisipasi, berdasarkan info BMKG sampai dengan Maret 2015 Jakarta masih terus mendapat ancaman banjir. BNPB menyampaikan bahwa penanggung jawab penanganan bencana berada pada Kepala Daerah dalam hal ini Bupati, Walikota dan Gubernur.

Rully/VMN/VM/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here