IEA Berikan Lima Rekomendasi Untuk Indonesia

0
654

(Berita Daerah – Nasional) International Energy Agency (IEA) melalui Direktur Eksekutifnya yaitu Maria van der Hoeven memberikan lima rekomendasi untuk Indonesia yaitu perbaikan dan penguatan institusi, memperkuat legal framework atau memperkuat landasan hukum, membangun infrastruktur berupa kilang, pipeline dan lain-lain, mendorong pemanfaatan energi terbarukan lebih besar lagi dalam energi mix dan membangun pasar gas untuk domestik.

Selain itu IEA juga mengapresiasi langkah pemerintah yang berencana membangun pembangkit listrik berkapasitas 35.000 MW dalam 5 tahun atau rata-rata sebesar 7.000 MW per tahun. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional, sehingga kekurangan pasokan listrik menjadi salah satu tantangan besar sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan mencapai 5,7 hingga 6 persen maka diperlukan tambahan pasokan listrik sebesar 7,5 hingga 8 persen per tahun, terkait dengan hal ini pemerintah berencana untuk membangun tambahan pasokan listrik sebesar 35.000 MW untuk lima tahun kedepan.

Read more

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD-ESDM
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here