Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Cybercrime Di Indonesia

0
25082

(Vibizmedia – Nasional) Kejahatan dunia maya terus berkembang seiring dengan kemajuan peradaban manusia melalui teknologi. Tugas penting tidak hanya untuk pemerintah maupun aparat hukum demi tercapainya pengentasan cybercrime.

Langkah lembaga penegak dan pertahanan hukum di Indonesia yang telah dilakukan selama ini tergolong kurang koordinasi dan masih dilakukan secara terpisah. Menjadi prioritas ditengah terus berkembangnya teknologi bagi pemerintah untuk membangun badan keamanan cyber di Indonesia.

Harus ada koordinasi keamanan dalam skala nasional untuk menangani masalah ini, berdasarkan data ada dalam tiga tahun terakhir ini ada sebanyak 36,6 juta serangan cyber terjadi di Indonesia, dan serangan cybercrime terbesar di dunia terjadi pada kuartal kedua 2013, info dari Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Serangan terbanyak berasal dari malware dan virus yang sulit di deteksi oleh perangkat jaringan yang ada. Penyadapan yang dilakukan oleh Australia beberapa waktu yang lalu menjadi dasar dibentuknya Badan Cyber Nasional ini, ungkap Menteri Politik, Hukum dan HAM Tedjo Edhy Purdjianto di hotel Borobudur, Rabu (3/6).

Untuk menjaga ketahanan dan keamanan dari ancaman cybercrime baik dari Indonesia dan luar negeri perlu kesadaran dari masyarakat, adanya Undang-Undang cybercrime dan juga memaksimalkan aparat dan penegak hukum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here