Tingkatkan Manfaat Program, Pemerintah Targetkan Capai 129 Juta Peserta Jaminan Sosial

0
485

(Vibizmedia – Nasional) Presiden Joko Widodo berikan bantuan santunan kepada 5.000 nelayan yang diwakili oleh 10 perwakilan nelayan selama tiga bulan di desa nelayan di kawasan wisata Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (30/6).

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan dalam bentuk 2.500 alat tangkap ramah lingkungan kepada 31 kelompok usaha bersama nelayan untuk membantu pekerjaan sehari-hari dalam meningkatkan produktivitas para nelayan, ungkap Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Elvyn G Masassya.

Elvyn mengatakan, mengapa bantuan tersebut diberikan kepada nelayan? karena nelayan memiliki banyak resiko kerja yang dialami selama melaut, baik kecelakaan kerja maupun kematian, agar dapat bekerja dengan tenang, penerima bantuan yang berhak menerima adalah yang memiliki kategori terdaftar sebagai pekerja bukan penerima upah dan nelayan termasuk pekerja pada sektor informal.

Melalui peresmian operasional penuh BPJS Ketenagakerjaan yang ditetapkan pada 1 Juli 2015 ini, menjadi momentum sejarah dalam era baru jaminan sosial Indonesia dengan adanya peningkatan pelayanan, penambahan program, penyempurnaan manfaat dan pemenuhan semua infrastruktur.

Beberapa peningkatan manfaat yang terjadi, diantaranya jaminan kematian yang sebelumnya mendapat santunan sebesar Rp 21 juta bertambah menjadi Rp 24 juta, sedangkan jaminan kecelakaan kerja, pengobatan dan perawatan rumah sakit yang sebelumnya maksimal Rp 20 juta, kini meningkat dengan pengobatan dan perawatan hingga penerima manfaat sembuh.

Manfaat lainnya dari jaminan kecelakaan kerja, santunan cacat bagi pekerja yang mengalami cacat sebagian permanen serta diberikan pelatihan agar dapat kembali bekerja dan memiliki penghasilan.

Pemerintah menargetkan 129 juta orang angkatan kerja secara nasional wajib menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan, agar tujuan tercapai pemerintah mendorong adanya sinergi antara pengusaha dan pekerja.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela
Pic           : Setkab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here