SMI Berencana Salurkan Pembiayaan Pembangunan Tol Medan-Binjai

0
1259

(Berita Daerah – Nasional) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang pembiayaan infrastruktur yaitu PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) berencana untuk menyalurkan pembiayaan bagi pembangunan tol Medan-Binjai yang menjadi bagian dari jaringan tol Trans Sumatera. Pelaksana pembangunan jalan tol Trans Sumatera adalah BUMN Hutama Karya.

Direktur Pembiayaan dan Investasi SMI Edwin Syahruzad di Jakarta, Rabu (1/7) mengatakan paritisipasi pembiayaan yang disiapkan untuk ruas tol tersebut sebesar Rp460 miliar. Pembiayaan yang ditawarkan SMI tersebut berjangka waktu atau tenor hingga 25 tahun dan grass period 12 tahun.

Edwin menjelaskan jika jangka waktunya begitu lama karena mempertimbangkan kapasitas membayar perusahaan pelaksana dan pertimbangan reveneu dari tol tersebut. Meskipun begitu pembiayaan yang diberikan SMI dapat berkontribusi bagi pembangunan ruas jalan tol yang menjadi bagian tol Trans Sumatera.

Setelah ruas tol Medan-Binjai, tidak tertutup kemungkinan SMI akan turut membiayai ruas-ruas tol lainnya dalam Trans Sumatera yang memiliki panjang total hingga 2.048 km. Ruas tol Medan-Binjai sendiri memiliki panjang 25,46 km dengan kebutuhan investasi senilai Rp1,6 triliun.

Read More

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here