Akibat Penyerapan Anggaran Rendah, Pertumbuhan Ekonomi Tidak Mencapai Target

0
1578

(Vibizmedia – Nasional) Pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksikan oleh Asian Development Bank (ADB) pada tahun 2015 mencapai 5% yang disebabkan oleh rendahnya penyerapan anggaran dan pendapatan pajak yang tidak sesuai target.

Kemudian faktor lainnya adalah tertundanya dampak positif dari reformasi ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah pada semester I-2015, ekspor Indonesia masih didominasi komoditas pertanian dan tambang belum membaik karena penurunan harga-harga komoditas serta lemahnya pertumbuhan di berbagai negara mitra utama perdagangan Indonesia seperti Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Bank Indonesia (BI) proyeksikan pada kuartal II – 2015 perekonomian masih terbatas dan diperkirakan akan meningkat pada kuartal III-2015. Hal ini disebabkan konsumsi rumah tangga yang masih lemah akibat menurunnya tingkat keyakinan konsumen. Realisasi belanja pemerintah juga masih rendah, baik di pusat maupun daerah. Begitu pula dengan investasi yang diperkirakan tumbuhnya masih terbatas, sebab realisasi infrastruktur belum secepat prediksi, selain itu investasi mesin dan alat angkut pun masih lemah.

Dengan meningkatkannya proyek-proyek infrastruktur dan peningkatan penyaluran kredit perbankan, Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada semester II 2015 akan semakin membaik ke depan, Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada semester II 2015 akan membaik yang didukung oleh meningkatnya implementasi proyek-proyek infrastruktur dan meningkatnya penyaluran kredit perbankan.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela
Pic           : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here