Proyek Trans Kalimantan Sepanjang 7.619 Kilometer Ditargetkan Selesai Tahun Ini

0
2139

(Vibizmedia – Nasional) Dalam upaya meningkatkan dan membangun jalan dan jembatan serta pengembangan kawasan pemukiman, air minum dan sanitasi, infrastruktur permukiman dan irigasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Pemerintah sedang membangun ruas jalan Trans Kalimantan sepanjang 7.619 kilometer yang direncanakan akan selesai tahun ini.

Jalan yang akan menghubungkan antar 5 provinsi yang ada di pulau Kalimantan hingga perbatasan Indonesia dan Malaysia ini memiliki ruas sepanjang 7.619 kilometer yang terbagi atas Kalimantan Timur sepanjang 1.710 kilometer, Kalimantan Barat sepanjang 2.117 kilometer, Kalimantan Selatan sepanjang 1.204 kilometer, Kalimantan Utara sepanjang 585 kilometer, Kalimantan Tengah sepanjang 2.002 kilometer.

Untuk membangun konektivitas jalan antar provinsi di Kalimantan tersebut membutuhkan dana sebesar Rp 15,1 triliun, yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Infrastruktur sebesar Rp 3,2 triliun dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebesar Rp 11,8 triliun.

Pembangunan proyek jalan ini merupakan bagian dari kerangka Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dan dengan dibangunnya konektivitas jalan, pemerintah berharap akan meningkatkan perekonomian khususnya di seluruh wilayah Kalimantan.

Selain itu, untuk dapat meningkatkan perekonomian di wilayah Kalimantan, sesuai dengan RPJMN 2015-2019 Kementerian PUPR juga akan membangun 3 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), 4 Kawasan Industri, 1 Kawasan Perkotaan Metropolitan dan 4 kota baru publik sebagai pengendali urbanisasi di kota dan kawasan perkotaan.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela
Pic           : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here