Kemenpar Bentuk Crisis Center Atasi Erupsi Gunung Raung

0
810

(Berita Daerah – Nasional) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa pihaknya akan memperkuat tim Crisis Center untuk mengatasi dampak penutupan bandara akibat erupsi Gunung Raung di Jawa Timur dan Gunung Gamalama di Maluku Utara. Crisis Center ini sendiri telah dibentuk sejak 10 Juli 2015 pada saat Gunung Raung mulai erupsi.

Menpar di Jakarta, Sabtu (18/7) mengungkapkan erupsi Gunung Raung di Jawa Timur telah mengeluarkan abu vulkanik yang mengakibatkan terganggunya penerbangan di wilayah sekitar lokasi bencana. Material erupsi gunung yang berlokasi di tiga kabupaten yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan Jember sudah semakin mempengaruhi penerbangan.

Tercatat bandara yang terdampak langsung erupsi gunung tersebut di antaranya Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bandara Internasional Lombok, Bandara Selaparang Mataram, Bandara Blimbingsari Banyuwangi, Bandara Notohadinegoro Jember, dan Bandara Juanda Surabaya.

Menpar menjelaskan jika pendirian Crisis Center tersebut terutama yang terkait langsung dengan tertundanya sejumlah keberangkatan pesawat yang berakibat pada wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada seluruh dinas pariwisata yang ada di daerah agar juga siap siaga mengatasi krisis.

Read More

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here