Penjualan Tiket Angkutan Laut Akan Diubah Menjadi Online

0
911

(Berita Daerah – Nasional) Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan melakukan pembenahan sistem penjualan tiket kapal laut dari sebelumnya menjual langsung di pelabuhan menjadi penjualan tiket perjalanan kapal laut secara online. Hal ini agar memberikan kemudahan kepada para calon penumpang untuk mendapatkan tiket tanpa harus jauh-jauh pergi ke pelabuhan.

Menhub di Jakarta, Senin (20/7) mengungkapkan meskipun ada beberapa armada kapal laut yang dioperasikan oleh pihak swasta, namun sistem ticketingnya tidak modern. Seperti yang terjadi di Banjarmasin yang menggunakan sistem ticketing hanya seperti kertas dan tidak ada harganya sehingga terkesan seperti main-main.

Untuk itu Menhub meminta agar sistem seperti itu bisa diubah dengan memanfaatkan teknologi sehingga setiap penjualan tiket bisa di catat dan berbentuk tiket rapih dengan jadwal keberangkatan yang pasti. Selain itu tiket tersebut harus dijual secara online agar dapat memudahkan para calon penumpang dan menghindari terjadinya penumpukan penumpang di pelabuhan.

Ide tersebut muncul setelah Menhub melakukan pantauan di Pelabuhan Tisakti Banjarmasin dan ditemui bahwa sistem penjualan tiket penumpang kapal laut masih kuno sehingga sangat menyulitkan para calon penumpang untuk mendapatkan tiket secara murah dan cepat.

Read More

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here