4 Kesepakatan Kerjasama Bilateral Inggris – Indonesia

0
772
Pertemuan Bilateral Presiden Joko Widodo Dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron di Istana Merdeka Dengan 4 Kesepakatan Bersama, 27 Juli 2015. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Presiden Joko Widodo menerima tamu kehormatan Perdana Menteri Inggris David Cameron di Istana Merdeka, Senin (27/7). Kedatangan Perdana Menteri David Cameron merupakan kunjungan yang kedua kalinya ke Indonesia.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pertemuan bilateral tersebut berjalan dengan sangat terbuka dan produktif dengan membahas permintaan pemerintah Indonesia untuk kerjasama pembebasan visa kunjungan wisata ke Inggris bagi wisatawan Indonesia, pembebasan visa bagi pemegang paspor dinas dan diplomatik, penegasan penghormatan integritas wilayah Republik Indonesia.

Komitmen meningkatkan ekonomi kedua negara terutama pada deversifikasi, investasi Inggris dari minyak dan gas ke bidang infrastruktur dan pertemuan 30 perusahaan-perusahaan besar dari Inggris pada 28 Juli 2015, besok. Selain itu juga kedua negara memiliki 4 kesepakatan bersama di bidang maritim, pemberantasan terorisme dan tindak kejahatan lintas batas, kemitraan research dan inovasi serta bidang ruang angkasa sipil.

Kesepakatan tersebut dilakukan oleh beberapa menteri terkait dari kedua negara dan juga Kapolri. Sebagai negara besar dan anggota G20, Presiden Joko Widodo mengatakan pertemuan tersebut membahas juga mengenai isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama serta Indonesia menyambut baik kesepakatan nuklir yang telah dicapai Iran dengan B5 plus one yang dapat memberikan kontribusi terhadap perdamaian dunia, ungkap Jokowi.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here