Ambil Alih Pengelolaan, Pemerintah Mengubah Terminal Dengan Standar Bandar Udara

0
805

(Vibizmedia – Nasional) Pada Tahun 2017, Kementerian Perhubungan akan mengambil alih semua pengelolaan terminal Tipe A, terminal induk yang melayani kendaraan umum baik secara nasional maupun internasional seperti angkutan pedesaan, antarkota dan antarprovinsi ini, yang disebabkan banyaknya terminal yang sudah ketinggalan zaman.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Djoko Sasono mengatakan terdapat 140 terminal tipe A yang saat ini dikelola oleh pemerintah kota dan kabupaten. Kondisi terminal tipe A di Indonesia, sampai saat ini masih kurang nyaman, ungkap Djoko, Selasa (28/7).

Pemerintah berencana melakukan perombakan terminal tipe A menjadi seperti seperti stasiun, selain itu juga akan dilakukan pembagian zona seperti stasiun atau bandara yang terdiri dari zona keberangkatan, zona perjalanan dan zona publik.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 1993, terminal penumpang diklasifikasikan menjadi 3 tipe. Pertama, terminal penumpang tipe A berfungsi untuk angkutan antar kota antar provinsi (AKAP), antar kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ADES). yang terdiri dari terminal penumpang Tipe A berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar propinsi (AKAP), dan angkutan lintas batas antar negara, angkutan antar kota dalam propinasi (AKDP), angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ADES).

Kedua, terminal penumpang tipe B yang melayani sama dengan terminal penumpang A dengan tidak memiliki angkutan antar kota antar provinsi dan ketiga terminal penumpang tipe C, berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan pedesaan (ADES).

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela
Pic           : Setkab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here