Besaran Subsidi Bunga KUR Mulai Dari 3% – 12% Telah Ditetapkan Dalam PMK

0
806
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 146 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pelaksanaan Subsidi Bunga Untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah ditetapkan oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro pada tanggal 30 Juli 2015 lalu.

Plafon penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditetapkan oleh Komite Kebijakan dan outstanding KUR yang masih berjalan saat ini merupakan batas tertinggi dasar perhitungan pembayaran subsidi bunga.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa pembayaran subsidi bunga melalui kerjasama pembiayaan KUR telah dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama Pembiayaan antara Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)

Saat ini besaran subsidi bunga yang dibayarkan kepada bank Pelaksana telah ditetapkan bahwa kredit mikro sebesar 7% per tahun, kredit ritel 3% per tahun sedangkan kredit tenaga kerja Indonesia sebesar 12% per tahun.

Ketentuan yang berlaku mulai sejak PMK tersebut telah ditetapkan yaitu pada tanggal 30 Juli 2015, dimana pembayaran subsidi bunga dilakukan berdasarkan besaran subsidi bunga dikalikan outstanding KUR dari waktu ke waktu.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here