Indonesia – Timor Leste Sepakati Batas-Batas Negara Serta Pembangunan Infrastruktur Dan Investasi

0
1099
Presiden Jokowi Menyalami Mantan Perdana Menteri Demokratik Timor Leste Xanana Gusmao. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste Y.M TN Rui Maria De Araujo, Rabu (26/8) didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi di Istana Merdeka.

Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya atas kunjungan Perdana Menteri Timor Leste beserta seluruh delegasi, Presiden ungkapkan Indonesia dan Timor Leste bukan sekedar teman atau tetangga, tetapi merupakan saudara dekat.

Pertemuan yang merupakan kerjasama bilateral tersebut, menghasilkan penandatanganan nota kesepahaman dan pernyataan bersama serta masalah perbatasan baik darat maupun laut dan maritim yang juga berkaitan dengan investasi, ekonomi dan perdagangan.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa akhirnya Indonesia dan Timor Leste telah menyepakati perbatasan darat pada 2 titik yaitu Noel Besi-Citrana dan Bijael Sunan-Oben yang akan diselesaikan pada akhir tahun ini, ungkap Jokowi, Rabu (26/8).

Mengenai perbatasan maritim, kedua negara sepakat menentukan batas laut bagian Utara yang nantinya akan lanjut kebagian Selatan, pemerintah berharap permasalah ini akan cepat terselesaikan.

Perdagangan dan investasi juga menjadi topik pembahasan pertemuan bilateral hari ini sepakat untuk mendorong pembangunan infrastruktur dan investasi di Timor Leste.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here