5 Tahun Kedepan, Target TKDN Industri Pesawat Terbang Mencapai 60%

0
987

(Vibizmedia – Nasional) Dorongan pemerintah pada tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pesawat terbang terus makin tinggi.

Menteri Perindustrian Saleh Husein mengatakan bahwa saat ini TKDN industri pesawat terbang (sparepart) di dalam negeri baru mencapai 40%, pemerintah menargetkan 5 tahun kedepan TKDN mencapai 60%.

Pentingnya kemampuan memproduksi komponen lokal untuk melepaskan komponen impor menunjukkan kemandirian dan tidak tergantung dengan impor, ungkap Direktur Industri Maritim, Dirgantaraan dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Hasbi Assidiq, Jumat (18/9).

Saat ini, N219 yang dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia (DI) di Bandung merupakan rancangan bangun murni 100% orang Indonesia. Industri dalam negeri sudah ada beberapa yang dapat membuat komponen interior hingga komponen mesin bahkan diekspor untuk kebutuhan Airbus dan Boeing.

Dengan menyumbang 80% dari seluruh biaya pembuatan pesawat, memberikan keuntungan apabila TKDN terus meningkat menjadi nilai tambah bagi industri pesawat buatan di dalam negeri.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela
Pic           : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here