Presiden Jokowi Memastikan Kesiapan Pilkada Serentak Tahun Ini

0
724

(Vibizmedia – Nasional) Presiden Joko Widodo meminta Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk terus mengawal etika penyelenggara baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Presiden Joko Widodo memanggil Ketua DKPP hari ini, Selasa (22/9) untuk meminta informasi penjelasan mengenai persiapan-persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan awal Desember mendatang.

Jimly sampaikan bahwa pemilihan legislatif serentak tahun 2014 jauh lebih kompleks dibandingkan dengan persiapan Pilkada serentak tahun ini, ungkapnya di Istana Kepresidenan.

Saat ini, KPU dan Bawaslu dihimbau agar semua tugasnya diarahkan untuk melayani kepentingan para pemilih yang punya hak konstitusional dan melayani semua calon dengan sebaik-baiknya, melayani peserta termasuk juga partai pengusung para calon dilayani dengan profesional dan imparsial tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon.

Terkait dengan pencalonan, sudah lebih 100 yang melaporkan ke DKPP, dari semua itu, banyak yang dicoret karena tidak memenuhi syarat sebagai perkara pelanggaran kode etik, misalnya hal-hal yang harusnya dilaporkan ke Bawaslu, malah dilaporkan ke kita.

Ketua DKPP ini mengatakan bahwa setiap calon yang maju dalam Pilkada agar fokus pada kepentingan masing-masing saja, tidak perlu mengurusi calon yang lain, supaya para penyelenggara dan peserta harus memiliki integritas.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela
Pic           : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here