Adanya Proyek Tol Pertama Di Kalimantan, Akan Memotong Waktu Perjalanan Hingga 2 Jam

0
674

(Vibizmedia – Nasional) Proyek tol pertama di kawasan Kalimantan ditargetkan selesai Mei 2019 dengan rute Balikpapan – Samarinda sepanjang 99,2 kilometer.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa dengan adanya tol di Kalimantan ini dapat memangkas waktu perjalanan hingga 2 jam. Tol dengan investasi senilai Rp 14,9 triliun ini, akan menjadi urat nadi yang dapat meningkatkan mobilitas dan kapasitas jaringan jalan lalu lintas trans Kalimantan.

Basuki sampaikan bahwa tol Balikpapan – Samarinda ini didesain dapat dilewati kendaraan dengan kecepatan rata-rata 80km/jam sehingga waktu tempuh dengan panjang 99,2 kilometer hanya sekitar 1-1,5 jam berbeda dengan sebelumnya yang membutuhkan waktu 2,5 – 3 jam perjalanan.

Dengan sebagian besar dana berasal dari Swasta ini, jalan tol ini terbagi 5 tahap pekerjaan yang terdiri dari tahap I Balikpapan – Samboja sepanjang 13 kilometer, tahap II Samboja – Palaran I, tahap III Samboja – Palaran II, Palaran – Jembatan Mahkota dan tahap V Balikpapan – Sepinggan.

Sedangkan khusus untuk tahap V ruas Balikpapan – Sepinggan pendanaannya akan menjadi tanggung jawab pemerintah dengan nilai konstruksi sebesar Rp 848,55 miliar dan Jembatan Sungai Manggar senilai Rp 271,83 miliar.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela
Pic           : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here