Pemerintah Fokus Terhadap 5 Negara Wisman, Target Akhir Tahun 2015 Akan Tercapai

0
825
Menteri Pariwisata Arief Yahya Memberikan Keterangan Pers Usai Rapat Terbatas Bersama Presiden Jokowi Membahas Upaya Pemerintah Meningkatkan Pariwisata Di Indonesia, Rabu 24 Juni 2015. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Berdasarkan data Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dalam periode Januari – Agustus 2015 sebanyak 6.322.592 wisman, tumbuh 2,71% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebanyak 6.155.553 wisman.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan perolehan wisman pada Agustus sebanyak 850.542 wisman, lebih banyak dari target yang ditentukan sebesar 850 ribu wisman, Arief sampaikan bahwa kenaikan ini juga terjadi pada bulan-bulan seterusnya hingga akhir tahun 2015 ini, sehingga kunjungan wisman akan dapat memenuhi target sebesar 25% dari target yang ditetapkan sebesar 10 juta wisman.

Sedangkan, berdasarkan Badan Pariwisata Dunia bahwa pertumbuhan pariwisata global pada Januari-Agustus 2015 sebesar 4% sedangkan kawasan Asia Pasifik tumbuh 4% serta pariwisata di kawasan Asia Tenggara tumbuh sebesar 3%.

Yahya sampaikan bahwa kondisi kelesuan ekonomi global yang terjadi saat ini, tidak terlalu berdampak pada kunjungan wisman khususnya yang berasal dari Jepang, Tiongkok, Singapura, Malaysia dan Australia, ungkapnya.

Dengan fokus terhadap 5 negara tersebut ditambah dengan fasilitas bebas Visa terhadap 30 negara, pemerintah berharap wisman akan semakin meningkat.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here