Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IV Diluncurkan, Upaya Pemerintah Membuka Lapangan Kerja Seluas-Luasnya

0
845
Rapat Terbatas Di Kantor Presiden Membahas Program Kepariwisataan dan Paket Kebijakan Ekonomi. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Pemerintah kembali meluncurkan paket kebijakan ekonomi yang difokuskan kepada sektor tenaga kerja yaitu persoalan upah buruh, Kredit Usaha Rakyat dan lembaga pembiayaan ekspor.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan bahwa pemerintah memutuskan untuk menetapkan formula penentuan yang sederhana dan jelas untuk upah minimum provinsi (UMP) dengan tujuan agar terbuka lapangan kerja seluas-luasnya dan meningkatkan kesejahteraan pekerja.

Selain itu, sistem formulasi upah minimum menjadi bukti kehadiran negara dalam bentuk pemberian jaring pengaman sosial untuk memastikan buruh tidak mendapat jatah upah yang murah sehingga para pengusaha mendapat kepastian untuk berusaha.

Darmin sampaikan melalui kebijakan ini, upah buruh akan meningkat setiap tahunnya dengan besaran yang terukur, ungkapnya usai rapat paket kebijakan ekonomi di Kantor Presiden, Kamis (15/10).

Bentuk kehadiran negara kepada masyarakat dengan mengurangi beban pengeluaran hidup melalui kartu sakti Jokowi dan juga pemerintah hadir dalam pembinaan dialog sosial tripartit antara pekerja dan pengusaha, sehingga tidak perlu membuang waktu dan tenaga setelah dihitung melalui realisasinya, ungkap Darmin.


Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here