Kerjasama Kemendagri Dengan Perbankan Ciptakan Administrasi Berbasis Kependudukan

0
643
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo Bersama Dengan Ketua KPU Husni Kamil Manik Saat Memberikan Keterangan Pers Di Kantor Presiden Mengenai Pelaksanaan Pilkada Serentak Pada 9 Desember 2015, 23 Juli 2015. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Kementerian Dalam Negeri bekerjasama dengan empat bank terkait pemanfaatan KTP Elektonik dalam kebutuhan administrasi perbankan.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan kerjasama keempat bank tersebut menggunakan kartu tunggal yaitu KTP elektronik dalam kebutuhan administrasi yang berbasis kependudukan.

Penggunakan KTP elektronik ini untuk menjamin kebenaran identitas nasabah yang akurat sebagai aspek penting dalam sistem informasi perbankan. Sampai dengan saat ini Tjahjo sampaikan bahwa Kemendagri telah melakukan kerjasama dengan 64 perusahaan dan ditargetkan seluruh perbankan, asuransi, lembaga swasta nasional, BPJS, Imigrasi, Pajak yang berhubungan dengan masyarakat, ungkapnya Jumat (16/10).

Keempat bank tersebut adalah Bank Bukopin, Bank OCBC NISP, Bank Aceh dan Bank BRI Syariah. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) melakukan hal ini untuk melindungi masyarakat dari berbagai penipuan serta melindungi perusahaan negara maupun swasta serta adanya sinergi antara pemerintah dan swasta serta masyarakat.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here