3 Proyek Besar Di Kalimantan Timur Yang Akan Diresmikan Oleh Presiden Jokowi

0
992
Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Anung Pramono Dalam Rapat Terbatas Membahas Masalah Ekonomi. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berencana mengundang Presiden Joko Widodo untuk meresmikan 3 proyek besar didaerahnya.

Sekretaris Kabinet Promono Anung mengatakan bahwa Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek menyampaikan permohonan undangannya untuk Presiden Jokowi melakukan groundbreaking Pupuk Kaltim V, peresmian jalan tol Balikpapan-Samarinda dan jalur kereta api di Kalimantan Timur.

3 proyek besar tersebut, memiliki nilai investasi mencapai triliunan, yang terdiri dari proyek Pupuk Kaltim V dengan kapasitas mencapai 1,15 juta ton urea granul dan 825 ribu ton amoniak per tahun, menjadi pabrik pupuk urea terbesar di Asia Tenggara.

Proyek Pupuk Kaltim V ini mendapatkan pinjaman sebesar Rp 1,35 triliun dan pinjaman yang bersumber dari lima bank dalam negeri sebesar Rp 4,38 triliun dengan jangka waktu pinjaman selama 10 tahun.

Pembangunan jalan tol Balikpapan – Samarinda yang sudah mulai dikerjakan sejak tahun 2011 lalu ini, memiliki panjang keseluruhan mencapai 99,02 kilometer dengan total investasi pembangunan mencapai Rp 9,5 triliun. Sedangkan pembangunan kereta api yang bekerjasama dengan JSC Russian Railways yang akan melintasi 3 daerah ini, mencakup Kabupaten Kutai Barat, Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan memiliki nilai investasi mencapai USD 2,4 miliar.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here