Langkah Pemerintah Perbaiki Iklim Investasi di Indonesia

0
629
Presiden Joko Widodo Mendorong Porsi Investor Dalam Negeri Dalam Mendorong Inklusi Investasi Bagi Investor Dalam Negeri, 10 Agustus 2015. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Langkah konkrit pemerintah menjadikan Indonesia sebagai tempat menarik bagi investor, baik investor domestik maupun internasional, dengan mengintegrasikan dunia usaha dan industri Indonesia dalam mata rantai, suplai regional dan global.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dengan mengeluarkan dan merevisi sejumlah peraturan yang menghambat serta menyederhanakan prosedur dan menghilangkan hambatan yang tidak penting dalam proses perizinan.

Pemerintah terus memperbaiki iklim investasi yang telah menjadi bagian dari paket kebijakan ekonomi yang diluncurkan, termasuk menyederhanakan prosedur dan menghapus ketidakpastian, ungkapnya Selasa kemarin (27/10) di Willard Intercontinental Hotel, Washington DC.

Saat ini, Indonesia sudah mulai bergerak, dengan lebih memperhatikan sektor swasta baik dalam maupun asing yang sudah menyumbang sekitar 40-50% Growth Domestic Product (GDP), selain itu juga tidak sekedar menjaga agar fundamen perekonomian defisit fiskal tidak melebihi 3% dari GDP, tetapi juga menjaga stabilitas harga independensi bank sentral.

Masalah regulasi, perlu didukung infrastruktur seperti pelabuhan dan pergudangan. Pembangunan infrastruktur saat ini, yang kini sedang gencar dilakukan oleh Pemerintah Indonesia.

Sebagai bagian dari market-economy, Indonesia menjadi salah satu bukti, nilai tukar mata uang Indonesia ditentukan oleh pasar, karena itu pemerintah Indonesia harus mendengar apa yang disuarakan oleh pasar. “Saya disini untuk mengatakan bahwa kami mendengarkan suara itu dengan jelas,” ungkapnya

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here