Pemerintah Tetapkan Upah Minimum Berdasarkan Struktur dan Skala Upah

0
584

(Vibizmedia – Nasional) Upaya pemerintah, mengembalikan fungsi penetapan upah minimum sebagai jaring pengaman agar pekerja mendapatkan upah diatas batas minimum yang ditetapkan. Pemerintah terbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan bahwa dikeluarkannya PP tersebut untuk sistem pelaksanaan pengupahan di perusahaan untuk dilakukan melalui struktur dan skala upah.

Hanif sampaikan ditengah kondisi tekanan dan kondisi perekonomian yang sangat berat dan hampir dialami semua negara ini, pemerintah terus berupaya menstabilkan pertumbuhan ekonomi dengan memberlakukan salah satu paket kebijakan ekonomi jilid IV, yang bertujuan merangsang dunia investasi untuk berusaha di Indonesia.

Salah satu paket kebijakan ekonomi jilid IV tersebut adalah menata kembali upah minimum yang telah diatur dalam PP tentang pengupahan yaitu perhitungan upah minimum, jenis kebutuhan hidup layak (KHL), skala upah, wajib struktur, pengenaan denda dan pemotongan upah, ungkapnya Rabu (28/10).

 

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela
Pic           : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here