Presiden Jokowi Terjun Langsung Ke Lokasi Atasi Masalah Asap

0
717

(Vibizmedia – Nasional) Usai kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat dan membatalkan perjalanannya ke Pantai Barat Amerika, Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas terkait penanggulangan asap di Kantor Bupati Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Panjaitan yang juga ketua tim penanggulangan asap yang dibuat pemerintah, menjelaskan bahwa data jumlah titik sampai saat ini ada sebanyak 82 titik di Sumatera, 70 titik di Kalimantan dan 14 titik di Jawa.

Luhut sampaikan upaya pemadaman yang dilakukan dengan pembangunan kanal blocking dan embung di Palangkaraya dan Jambi dan dengan bantuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) pemadaman dilakukan menggunakan pesawat.

Sedangkan upaya pemadaman lahan gambut, menggunakan metode water bombing dianggap tidak efektif memadamkan api sebab bara api di lahan gambut berada di kedalaman tanah, hal ini diperkuat dengan masukan dari sejumlah ahli yang menyatakan bahwa api hanya bisa padam keseluruhan hanya dengan hujan.

Langkah yang dilakukan pemerintah saat ini dengan upaya membuat hujan buatan yang dioptimalkan di daerah-daerah yang memiliki potensi awan hujan seperti didaerah Sumatera Selatan dan Jambi yang dianggap telah berhasil.

Upaya tegas kedepan yang dilakukan pemerintah adalah mencabut ketentuan undang-undang yang memperbolehkan pembukaan lahan baik gambut dan hutan dengan membakar hutan serta ambil alih lahan konsensi yang terbakar atau yang belum dikelola oleh pemerintah, ungkap Luhut, Kamis (29/10).

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela
Pic           : Setpres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here