Sistem Pengupahan Yang Dirancang Pemerintah Berikan Keuntungan Semua Pihak

0
753

(Vibizmedia – Nasional) Sistem pengupahan yang telah dirancang oleh pemerintah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan memberikan keuntungan bagi semua pihak karena melindungi pekerja agar tidak menerima upah murah dan dibayar sesuka pengusaha saja.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri meminta agar para buruh berhati-hati dengan informasi yang berkembang mengenai PP Nomor 78 tersebut, dikarenakan ditemukan sejumlah penyelewengan informasi kepada buruh sehingga buruh mudah digerakkan untuk turun ke jalan dan demo menolak PP Pengupahan ini.

Hanif memberikan contoh 6 hal yang diselewengkan sejumlah oknum mengenai kebijakan tersebut diantaranya:

  1. Upah buruh hanya naik 5 tahun sekali
  2. Bagi buruh yang menjalankan tugas serikat pekerjanya, upahnya tidak dibayarkan
  3. Formula pengupahan berdasarkan inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga upah tidak memperhitungkan KHL dan kenaikannya tidak akan lebih dari 10%.
  4. Struktur dan skala upah tidak mempertimbangkan golongan, masa kerja, jabatan, pendidikan dan produktivitas.
  5. Perlindungan terhadap upah ditiadakan.
  6. Serikat pekerja dihilangkan peranannya dalam pengupahan.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri berikan penjelasan, bahwa dengan adanya sistem formula dalam PP pengupahan dipastikan upah buruh bukan naik 5 tahun sekali, tetapi naik setiap tahun. Bagi buruh yang menjalankan tugas serikat pekerja tetap harus dibayar upahnya.

Upah minimum tahun berjalan sudah mencerminkan KHL dan kenaikan upah minimum tahun 2016 mencapai 11,5%. Struktur dan skala upah mempertimbangkan golongan, masa kerja, jabatan, pendidikan dan produktivitas.

Dalam PP pengupahan masalah perlindungan upah malam ditegaskan dengan sanksi mengacu pada UU Nomor 13 Tahun 2003, ditambah dengan sanksi administratif termasuk menghentikan sebagian atau seluruh proses produksi.

Hanif sampaikan bahwa upah layak pekerja dengan masa kerja diatas 1 tahun melalui penerapan struktur dan skala upah di perusahaan. Keenam, dikatakan bahwa serikat pekerja dihilangkan peranannya dalam pengupahan. Ini juga tidak benar karena dalam PP Pengupahan serikat pekerja justru makin penting peranannya dalam merundingkan upah layak pekerja dengan masa kerja di atas 1 tahun melalui penerapan struktur dan skala upah di perusahaan.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela
Pic           : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here