Upaya Presiden Jokowi Atasi Polemik di Kementerian/Lembaga

0
786
Presiden Joko Widodo. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Terjadinya polemik antar menteri maupun pejabat setingkat menteri terhadap aturan yang dikeluarkannya dinilai tidak baik bagi kehidupan demokrasi. Dalam sidang kabinet paripurna Presiden Jokowi meminta para menteri atau pejabat setingkat menteri untuk tidak membuat polemik terkait beberapa Peraturan Presiden (Perpres) yang telah dikeluarkannya.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan keputusan Presiden bagi para menteri dan setingkat menteri, bawahan menteri, bawahan pejabat setingkat menteri adalah menjalankan apa yang telah diputuskan oleh Presiden.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menegaskan teguran ini bukan berarti Presiden tertutup atas masukan, tetapi agar tidak mengambil keputusan sendiri dan mempersalahkan keputusan yang telah ditetapkan.

Presiden menyampaikan bahwa dirinya memberi kebebasan untuk menyatakan pendapat sebelum diputuskannya penerbitan Instruksi Presiden (Inpres), Keputusan Presiden (Keppres) dan sebagainya. Para menteri masih boleh beradu argumen sebelum keputusan final diambil tetapi setelah konsensus dibuat, maka semua wajib menjalani.

Dengan dikeluarkannya Perpres, Inpres, Kepres, Presiden meminta agar semua instansi menindaklanjutinya dan tidak berpolemik serta juga menggunakan bawahan atau elemen-elemen politik untuk mempersoalkannya, ungkap Pramono, Senin (2/11).

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here