Dengan Kebijakan Baru, Pemerintah Dapat Mengakomodit Lapangan Kerja Hingga 7,4 Juta Orang

0
338

Menteri Tenaga kerja Hanif Dhakiri mengatakan bahwa kebijakan pengupahan yang tersebut untuk membentuk iklim investasi dan dunia usaha semakin kondusif dan akan dapat membuka lebih banyak lapangan kerja hingga sekitar 7,4 juta pengangguran di Indonesia.

Selain itu, Hanif juga menyampaikan bahwa kebijakan pengupahan baru dengan sistem formula tersebut akan memberikan perlindungan sekaligus kepada pekerja, para pencari kerja dan juga kepastian bagi dunia usaha.

Kebijakan pengupahan ini memang untuk rakyat baik yang sudah bekerja maupun yang akan bekerja. Dengan banyaknya lapangan kerja yng tercipta pekerja maupun calon pekerja memiliki lebih banyak pilihan yang tentunya akan berdampak pada kesejahteraan pekerja semakin meningkat, ungkap Hanif, Jumat minggu lalu.

Selain mampu memberi kepastian kerja dan peluang lapangan kerja baru, Hanif sampaikan kebijakan pengupahan menggunakan formula berdasar inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional juga akan memastikan adanya kenaikan upah pekerja atau buruh setiap tahun. Kebijakan tersebut juga akan memberi kepastian mengenai besaran kenaikan upah setiap tahun.

Disamping itu juga diatur dalam PP Pengupahan ini terkait evaluasi jenis dan komponen KHL yang dilakukan setiap lima tahun sekali. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perubahan pola konsumsi masyarakat secara rata-rata terjadi dalam setiap lima tahun sekali.

Dalam PP tersebut juga dijelaskan soal sanksi bagi perusahaan yang menerapkan struktur dan skala upah, perusahaan wajib menerapkan struktur dan skala upah dengan mempertimbangkan masa kerja, pendidikan, kompetensi, prestasi dan produktivitas, serta jabatan dan lain-lain.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela
Pic           : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here