Italia Menjadi Salah Satu Mitra Dagang Terbesar Indonesia, Kedua Negara Sepakat Tingkatkan Kerja sama Bilateral

0
6680
Menteri Desa, Pengembangan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Dalam rangka kerja sama bilateral khususnya di bidang ekonomi hari ini, Senin, 9 November 2015, Presiden Italia Sergio Mattarella melakukan kunjungan pertama kalinya ke Indonesia bertemu dengan Presiden Joko Widodo, yang didampingi oleh 28 pengusaha asal Italia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir atau Tata mengatakan Presiden Italia Sergio Mattarella melakukan kunjungannya pertama kalinya bagi pimpinan Italia tersebut khususnya sejak terbentuknya kerja sama bilateral antara Indoensia dengan Italia pada 1949.

Italia merupakan salah satu mitra dagang terbesar Indonesia di Eropa. Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Italia mencapai USD 4 miliar pada 2014, dengan surplus untuk Indonesia sebesar USD 560 juta.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan bahwa pihaknya menggandeng Italia untuk melakukan kerja sama dalam bidang pengembangan desa wisata, pembangunan infrastruktur desa dan pertanian.

Sedangkan saat ini, dengan banyaknya desa wisata potensial seperti di Bali, NTT, NTB, Yogyakarta dan Jawa Tengah, Pemerintah mengajak Kementerian Pariwista Italia untuk mengembangkan desa wisata di desa wisata tersebut dan juga dalam membangun desa wisata, pemerintah menjajaki kerjasama berupa transfer pengetahuan, pelatihan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan seminar.

Selain itu termasuk kerja sama dalam bidang industri kreatif, infrastruktur maritim, pariwisata, pengelolaan cagar budaya serta penandatangan nota kesepahaman mengenai kebijakan bebas visa bagi pemegang paspor diplomat dan dinas serta kerjasama pariwisata.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here