Kerjasama Bilateral Indonesia – Italia Menghasilkan Total Kontrak Sebesar USD 1,055 Miliar

0
1691
Presiden Joko Widodo bersama Presiden Republik Italia Sergio Mattarella menyaksikan pertukaran dokumen kerjasama bidang ekonomi antara Menlu Retno LP Marsudi dan Minister of Economic Development Italia Federica Guidi. FOTO ; VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Kunjungan Presiden Italia Sergio Mattarella menghasilkan kerja sama bilateral dengan total kontrak senilai kurang lebih USD 1,055 miliar.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa upaya peningkatan hubungan bilateral terutama dibidang ekonomi, terdapat 30 orang delegasi bisnis yang turut dibawa oleh Presiden Italia Sergio Mattarella dalam kunjungannya ke Indonesia bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

Presiden sampaikan bahwa kontrak tersebut berupa kerja sama di 4 bidang diantaranya bidang industri, fashion dan furnitur, peningkatan kerja sama dibidang pariwisata, peningkatan kerja sama dibidang energy termasuk penggunaan CPO sebagai salah satu sumber energy terbarukan dan peningkatan kerja sama dibidang interfaith dialog.

Dari tahun ke tahun, hubungan Indonesia dan Italia menunjukkan peningkatan, pada tahun 2014 perdagangan mencapai USD 4,01 miliar sedangkan investasi Italia ke Indonesia mencapai USD 63,02 juta.

Selain itu, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) Italia yang berkunjung ke Indonesia mencapai 68.000 orang dan hari ini, Senin (9/11) telah disepakati bersama dalam penandatangan nota kesepahaman mengenai kerja sama bebas visa untuk pemegang paspor diplomatis dan paspor dinas serta kerja sama dibidang pariwisata, ungkap Presiden Joko Widodo.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela
Pic           : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here