Presiden Jokowi : Pentingnya Kerja Sama Internasional Dalam Menghadapi Ekstrimisme dan Terorisme

0
560
Pertemuan KTT G20 di Antalya Turki. FOTO : SETPRES/INTAN

(Vibizmedia – Nasional) Dalam Working Dinner Session KTT G20 yang membahas masalah Terrorism and Refugee Crisis, Presiden Joko Widodo menyampaikan pendapatnya bahwa tantangan ini perlu segera ditindaklanjuti dan disikapi bersama melalui tindakan konkrit.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dampak negatif yang nyata dari konflik yang terus terjadi di berbagai kawasan dunia adalah meningkatkan migrasi ireguler dan menjadi tantangan yang cukup serius bagi Turki dan negara-negara Eropa.

Presiden sampaikan dalam menyelesaikan masalah tersebut harus terlebih dahulu menyelesaikan akar permasalahannya dengan memastikan pembangunan berimbang, menghentikan kekerasan dan penindasan serta menghilangkan diskriminasi dan menegakkan demokrasi.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar serta negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, Presiden sampaikan bahwa Indonesia adalah laboratorium yang menunjukkan bahwa Islam, demokrasi, dan kemajemukan bisa berjalan beriringan. Harmonisasi ini terlihat dimana kemajemukan dan toleransi itu sendiri merupakan kenyataan sehari-hari di Indonesia.

Pentingnya kerjasama internasional yang kuat untuk mengatasi ekstrimisme dan terorisme merupakan satu keharusan. Diperlukan pendekatan terpadu yang mengharuskan negara-negara bersatu dan mengesampingkan perbedaan politik, toleransi untuk menghadapi ekstrimisme dan terorisme di dalam negeri maupun di seluruh dunia.

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here