Menjadi Change Agent, Fungsi Humas Saat Ini

0
599
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi dalam Konvensi Nasional Humas 2015 di Istana Negara. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Informasi Publik, sebagai upaya pemerintah mengubah cara komunikasinya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan bahwa dikeluarkannya Inpres berguna untuk pembenahan diri. Perbaikan yang dilakukan secara menyeluruh, bukan hanya pada satu kementerian saja tetapi termasuk di Kominfo.

Saat ini, dari segi pranata humas sendiri, jumlah juru penerang di Kementerian Kominfo hanya ada sekitar 800 juru penerang sedangkan pada masa yang lalu, Departemen Penerangan memiliki sekitar 12.000 juru penerang.

Sedangkan dari sisi kualitas, Menkominfo mengatakan dinamika di luar, luar biasa cepat, change agentnya adalah teknologi, tidak lagi hanya mengurus media cetak, press release, mengundang wartawan media cetak, elektronik, televisi maupun radio sekarang berkembang adanya media online dan media sosial.

Dengan adanya pengurus Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) periode 2015-2020 yang dipimpin oleh Direktorat Jenderal Komunikasi dan Informasi Publik Kemenkominfo Djoko Agung Harijadi, Rudiantara sampaikan bahwa program kerja harus jelas tujuannya, objektif dan tenggang waktunya dan harus dapat bekerja keras dalam menyusun program kerja.

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here