Ruas Tol Terpanjang Se Jawa Timur, Rampung Akhir Tahun 2016

0
1133

(Vibizmedia – Nasional) Ruas tol terpanjang se-Jawa Timur, Mojokerto – Kertosono, ditargetkan akan selesai dan mulai beroperasi pada awal tahun 2017 mendatang.

Kepala Divisi Pelaksana Proyek Tol Mojokerto – Kertosono Samsul Chair mengatakan proyek sepanjang 40,5 kilometer ini ditargetkan akan selesai akhir tahun 2016 mendatang, sementara progres pembebasan lahan di seksi 2 sudah mencapai 85% dari 19,9 kilometer, sedangkan PT. Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) selaku pemegang hak konsesi, saat ini, fokus merampungkan pembebasan lahan di seksi 2, 3 dan 4.

Samsul sampaikan pembebasan lahan di seksi 3 telah mencapai 90% dari 5 kilometer lahan yang akan dibangun, sedangkan 0,45 kilometer atau sebanyak 20 bidang lahan terdampak yang belum bisa dibebaskan berada di Desa Canggu, Kemantren, Sidoharjo dan Penompo di Kabupaten Mojokerto, ungkapnya Rabu (18/11).

Pekerjaan konstruksi di seksi tiga sampai saat ini mencapai sekitar 35,6% dengan sisanya masih terus dilakukan, ungkap Samsul, Rabu (18/11). Sementara proses pembebasan lahan di seksi 4 sudah mencapai 92% dari 0,9 kilometer, pihaknya berhadap dengan adanya Undang-Undang (UU) RI Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pembebasan Lahan untuk Kepentingan Umum, proses pembebasan lahan di seksi 2, 3 dan 4 bisa rampung sepenuhnya di akhir 2015.

Dengan adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Mojokerto dan Jombang, pihaknya menargetkan pembebasan lahan dapat rampung pada 15 Desember nanti, sehingga pembangunan ruas jalan tol dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela
Pic : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here