Presiden Jokowi : Sinergi Kementerian/Lembaga Lintas Sektoral, Daerah dan Negara

0
1224
Presiden Joko Widodo Bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla Memimpin Sidang Kabinet Paripurna Membahas Usulan Kebijakan Dalam Rangka Penguatan Ekonomi Nasional. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Belajar dari pengalaman menjalankan program 2014-2015, Presiden Joko Widodo kembali menggelar sidang kabinet paripurna untuk pemantapan program kerja pemerintah tahun 2016 di Istana Bogor.

Presiden Joko Widodo meminta para menteri agar tidak ada lagi regulasi dan kebijakan yang bertabrakan dengan kementerian/lembaga lainnya dan menjadi polemik di masyarakat.

Untuk tidak menimbulkan polemik di publik, Presiden sampaikan agar para menteri hindari benturan atau tabrakan dan perbedaan pendapat atau pandangan, ditekankan perbedaan tersebut hanya dapat di sampaikan di forum rapat saja. ungkapnya, Senin (23/11), saat membuka sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat.

Presiden juga menekankan agar semua program kementerian/lembaga untuk dapat dijalankan dan terintegrasi dengan baik, satu visi dengan visi Presiden, serta berkorelasi baik antara perencanaan dan penganggarannya.

Sinergi mencakup lintas sektoral, lintas daerah bahkan lintas negara. Presiden sampaikan mana saja yang menjadi prioritas untuk kepentingan rakyat, pertama, kedua dan ketiga.

Pemerintah akan meneliti satu per satu arah dan program kerja pemerintah, sehingga eksekutif dapat melangkah dengan cepat dan melibatkan masyarakat. Pentingnya para menteri dan pimpinan lembaga negara untuk berani membuat terobosan dan tidak terjebak dengan pola-pola lama bahkan berorientasi bisnis semata.

Pemerintah saat ini sedang fokus kepada pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, kemiskinan, inflasi dan daya beli rakyat serta rasio kesenjangan pendapatan. 5 hal tersebut yang menjadi perhatian pemerintah dalam 2 tahun ini, ungkap Presiden Jokowi, Senin (23/11).

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here