Presiden Batalkan Pembelian Helikopter Canggih Merlin Agusta AW 101, Digantikan dengan Heli Buatan Dalam Negeri

0
717
Ilustrasi Helikopter. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Presiden Joko Widodo memutuskan tidak menyetujui usulan pembelian helikopter canggih Merlin Agusta AW 101 oleh Angkatan Udara dan menggantikan dengan helikopter buatan dalam negeri, PT Dirgantara Indonesia (DI).

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan bahwa Presiden membatalkan rencana pembelian helikopter canggih tersebut disebabkan bahwa heli Super Puma masih bisa digunakan secara maksimum, ditengah kondisi keuangan seperti ini, harga yang ditawarkan terlalu tinggi.

Disamping itu, Pramono juga menyampaikan bahwa pengadaan helikopter sebagai back up Indonesia sebagai negara kepulauan, dengan aktivitas Presiden yang sangat tinggi tentu dibutuhkan back up heli yang selama ini belum dimiliki.

Presiden Jokowi memberikan arahan agar lebih baik digunakan, yang dapat di karoseri atau pun di assembling oleh putra bangsa sendiri, ungkap Pramono, Kamis (3/12). Di sisi lain, pengadaan helikopter VVIP jenis Agusta Westland AW 101 sudah sesuai rencana strategis pengadaan piranti Alutsista di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dan merupakan hasil kajian dari Skuadron Udara VVIP yang kemudian di kaji oleh Markas Besar TNI.

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here