Atur Pengelolaan Uang Negara, Pemerintah Batasi Tingkat Suku Bunga Deposito

0
715
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro Keluarkan 4 Kebijakan Ekonomi Tahap II. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Pemerintah akan memberikan batasan untuk tingkat bunga simpanan atau deposito di perbankan terkait peraturan pengelolaan keuangan negara dan daerah termasuk uang yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa batasan besaran suku bunga deposito ditentukan berdasarkan indikator makro ekonomi yang terdiri dari suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI Rate dan tingkat inflasi. BI putuskan hari ini, untuk kembali menurunkan suku bunganya menjadi 7% dari sebelumnya 7,25%.

Bambang sampaikan bahwa dengan adanya aturan tersebut, maka tingkat bunga simpanan atau deposito di bank akan dibatasi dan besarannya akan diformulasikan serta di sesuaikan dengan posisi BI rate, ungkapnya, Kamis (18/2).

Selain itu, peraturan tersebut dapat menurunkan tingkat suku bunga deposito sehingga suku bunga kredit dapat ditekan. Banyaknya uang pemerintah di perbankan dapat mempengaruhi pergerakan tingkat bunga.

Tercatat sampai dengan akhir bulan Desember lalu, uang pemerintah daerah (Pemda) hampir mencapai Rp 100 triliun, sedangkan disisi lain, salah satu cara pemerintah untuk menurunkan suku bunga di Indonesia melalui revisi peraturan pemerintah (PP) mengenai pengelolaan keuangan.

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here