Kurangi Kemiskinan, Tahun Depan Pemerintah Turunkan Suku Bunga KUR Menjadi 7%

0
526

(Vibizmedia – Nasional) Dalam bentuk kepedulian pemerintah terhadap pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), tahun depan pemerintah akan turunkan bunga kredit usaha rakyat (KUR) menjadi 7%.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gusti Ngurah Puspayoga mengatakan bahwa keberpihakan pemerintah kepada masyarakat kecil dengan kondisi saat ini bunga KUR berada pada posisi 9%.

Puspayoga sampaikan bahwa penurunan ini dilakukan karena pemerataan kesejahteraan pada tingkat masyarakat kecil belum tercapai sekalipun angka pertumbuhan ekonomi nasional sudah membaik, ungkapnya, Jumat (19/2).

Selain itu, pemberdayaan pelaku UKM dianggap perlu menjadi prioritas pemerintah yang juga dapat berdampak terhadap penurunan angka kemiskinan. Dengan skala usaha yang meningkat, UKM berpotensi dapat menyerap banyak tenaga kerja sehingga menjadi langkah nyata dalam mengurangi kemiskinan.

Dengan melibatkan peran bank pelaksana, pemerintah targetkan hingga akhir 2016 penyaluran KUR minimal mencapai Rp 100 triliun. Saat ini, bank pelaksana KUR yaitu Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), BPD Kalbar dan BPD NTT serta 2 tambahan bank untuk KUR Tenaga Kerja Indonesia yaitu bank Sinarmas dan Maybank.

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela
Pic : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here