Selesai Pada Agustus 2016, Bendungan Gerak Sembayat Sanggup Aliri Irigasi Hingga 800 Hektar

0
927

(Vibizmedia – Nasional) Dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 720 miliar, Pembangunan Bendungan Gerak Sembayat ditargetkan selesai pada Agustus 2016.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan sampai perkembangan pembangunan Bendungan Gerak Sembayat yang telah dimulai sejak Desember 2011 telah memiliki kemajuan penyelesaian konstruksi sipilnya sudah mencapai 95%.

Basuki sampaikan bendungan yang berfungsi untuk mengairi irigasi alami seluas 800 hektar, irigasi pompa seluas 3.500 hektar dan kebutuhan air baku PDAM Kabupaten Gresik sebanyak 1.250 meter kubik per detik ini, juga berfungsi untuk mensuplai gerak di hilir Sungai Bengawan Solo hingga ke Gresik, ungkapnya, Jumat (19/2).

Bendungan yang memiliki lebar 161 meter dan ketinggian 10,9 meter, pintu air Bendungan Gerak Sembayat memiliki ketinggian 6,3 meter dengan lebar 20 meter dengan 7 pintu air tersebut dikerjakan oleh joint venture PT Wijaya Karya Tbk, PT Waskita Karya Tbk dan PT Brantas Abipraya.

Dengan adanya bendungan Gerak Sembayat ini dapat menampung hingga 10 juta meter kubik, sedangkan Gerak Babat dapat menampung 25 juta meter kubik, Karangnongko dapat menampung hingga 60 juta meter kubik dan Gerak Bojonegoro 15 juta meter kubik.

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela
Pic : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here