Langkah Pemerintah Tingkatkan Investasi Melalui Penurunan Tingkat Suku Bunga

0
651
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution Mengumumkan Paket Kebijakan Ekonomi X di Kantor Presiden, 11 Febuari 2016. FOTO : SETPRES/JAY

(Vibizmedia – Nasional) Berlatar belakang tingkatkan kemudahan berbisnis di Indonesia dan meningkatkan realisasi investasi serta mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah bersepakat dengan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menurunkan tingkat suku bunga .

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bahwa pemerintah akan mempertahankan agar tingkat inflasi tidak lebih dari 4%, sebab jika lebih dari 4% maka suku bunga tabungan akan naik.

Darmin sampaikan bahwa peningkatan inflasi disebabkan oleh harga pangan, peran pemerintah untuk mengendalikan harga pangan tersebut. Pemerintah juga akan mengambil kebijakan agar suku bunga terhadap dana-dana pemerintah 1% diatas inflasi atau sebesar 5%, ungkap Darmin, Selasa (23/2).

Selain itu, Bank Indonesia mengambil langkah kebijakan suku bunga (policy rate) mendekati 4% sedangkan untuk lebih efisien, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengambil langkah overhead pada perbankan.

Melalui overhead cost tersebut, net interest margin perbankan nasional akan bergerak turun menjadi 3-4% dari sebelumnya 4-5%. Darmin sampaikan bahwa pemerintah saat ini mengatur penyebab tingkat bunganya bukan mengatur tingkat bunganya, ungkapnya.

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here