Pemerintah Berikan Izin Bagi Investor Bangun Jalan Tol

0
716
Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera di Lampung. FOTO : SETPRES/CAHYO

(Vibizmedia – Nasional) Pemerintah memberikan izin bagi investor untuk mengusulkan secara finansial rencana pembangunan serta kajian-kajian pembangunan jalan tol yang layak (feasible).

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Hediyanto Husaini mengatakan saat ini pihak swasta lebih cekatan untuk membuat kajiannya sendiri.

Hediyanto sampaikan bahwa banyaknya usulan dari investor yang belum membuat kajian-kajiannya, pihaknya akan mengganti uang pembebasan lahan tersebut karena pemerintah tetap harus memiliki tanahnya, ungkapnya Selasa (1/3).

Disamping itu, pemerintah saat ini hanya mengevaluasi jalan tol dari jumlah traffic yang meliputi berapa jumlah kendaraan yang ada dan bagaimana kondisi jalan nasionalnya sedangkan pihak swasta melihat potensi dari kawasan tersebut, bukan mencari keuntungan dari jalan tolnya.

Sebagai contoh kawasan transit oriented development (TOD) yang dibuat untuk mendukung kereta api cepat Jakarta – Bandung dan stasiun-stasiun, ungkap Hediyanto.

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here