Atasi Krisis Pangan, Dalam 2 Tahun Ini Pemerintah Bangun 17 Waduk

0
589
Ilustrasi bendungan. FOTO : SETPRES

(Vibizmedia – Nasional) Untuk menghindari krisis pangan di masa yang akan datang, pemerintah terus membangun bendungan hingga tahun 2019. Pemerintah menargetkan tahun ini ada 8 waduk yang akan dibangun dan tahun depan sebanyak 9 waduk.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kunci keberhasilan pangan terletak pada ketersediaan air. Pemerintah menargetkan akan membangun 7 waduk khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur karena bukan hanya masalah pengairan irigasi tetapi juga ketersediaan air minum.

Presiden sampaikan, dengan dibangunnya produksi pangan melimpah, 30-40 tahun mendatang, manfaat dari bendungan tersebut adalah untuk irigasi sawah seluas 1.150 Hektar, sawah-sawah terdiri dari 925 hektar sawah baru yang merupakan pengembangan sawah tadah hujan dan 225 hektar merupakan areal sawah existing.

Pada Sabtu (19/3), Presiden Joko Widodo meresmikan Waduk Nipah di Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Jawa Timur yang akan berfungsi sebagai konservasi sumber daya air dan daerah wisata serta perikanan air tebar.

Bendungan Nipah yang dapat berfungsi selama 50 tahun ini, perlu diperhatikan adalah perbandingan debit maksimum dan debit minimum dibawah 50, laju sedimentasi maksimum 2 mm/tahun dan rasio ruang terbuka hijau minimum 30%.

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here