Jembatan Tayan, Penghubung Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah

0
1269
Presiden Joko Widodo Meresmikan Jembatan Tayan di Sanggau, Kalimantan Barat. FOTO : SETPRES/INTAN

(Vibizmedia – Nasional) Untuk meningkatkan pergerakan barang dan manusia menjadi lebih lancar, Selasa (22/3), Presiden Joko Widodo meresmikan Jembatan Tayan di Sanggau, Kalimantan Barat.

Pembangunan Jembatan Tayan ini menjadi salah satu tujuan pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah untuk dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sehingga rakyat mendapatkan jasa dan harga barang yang lebih murah.

Dengan adanya Jembatan Pak Kasih Tayan di Kabupaten Sanggau yang merupakan bagian dari Jalur Trans Kalimatan ini, maka sekarang masyarakat pengguna kendaraan mobil dan motor tidak lagi membayar sebesar Rp 20.000 untuk menyeberang jembatan, ungkap Presiden Joko Widodo, Selasa (22/3).

Sebagai bagian dari Jalur Trans Kalimantan, jembatan tersebut sekarang telah menjadi jembatan terpanjang di Kalimantan dengan panjang mencapai 1.650 meter, yang menghubungkan antara provinsi Kalimantan Barat bagian Utara dengan Provinsi Kalimantan Tengah bagian Selatan.

Selain sebagai jembatan penghubung yang memiliki 2 bentang utama, pertama sepanjang 430 meter sedangkan bentang kedua mencapai 1.220 meter dengan lebar 11 meter. Kedepannya akan dikembangkan sebagai multiplier effect yaitu menjadi objek wisata bagi masyarakat dan juga mendorong produk-produk asli Kalimantan Barat.

Journalist : Parnie
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here