Juni 2016 Mendatang, Kemendagri Terbitkan KIA Bagi Anak dibawah 17 Tahun

0
2331

(Vibizmedia – Nasional) Pada bulan Mei atau Juni 2016 mendatang, sebagai upaya memberikan perlindungan bagi seluruh warga negara di Indonesia, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terbitkan Kartu Identitas Anak (KIA).

Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) I Gede Suratha mengatakan bahwa KIA hadir sebagai bentuk perlindungan warga terhadap anak-anak yang berusia dibawah 17 tahun.

Kemendagri menetapkan sebanyak 58 kabupaten/kota akan menerapkan KIA, dalam kartu identitas tersebut terdiri dari data alamat, golongan darah dan lainnya serta dilengkapi dengan barcode .

Sebagai langkah awal, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016 mengenai KIA, telah dibentuk penetapan regulasi mengenai pelaksanaan KIA.  Pihak Ditjen mempersilahkan apabila diluar 58 kabupaten/kota telah siap dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) nya.

Pada bulan Mei 2016 mendatang, sebagai langkah awal penerapan, pihak Kemendagri akan menyediakan blanko serta sosialisasi sehingga bulan Juni KIA sudah dapat diterbitkan, ungkap Direktur Kependudukan dan Catatan Sipil Drajad Wisnu Setyawan, Senin (28/3).

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here