Taman Nasional Alas Purwo Dijadikan Destinasi Wisata di Ujung Timur Pulau Jawa

0
37680

(Vibizmedia – Nasional) Sebagai salah satu destinasi wisata di Ujung Timur Pulau Jawa, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menjadikan Alas Purwo di Banyuwangi menjadi Taman Nasional (TNAP).

Untuk percepatan integrasi baik dari segi ekonomi, konservasi dan pariwisata, potensi kekayaan alam TNAP ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu cagar biosfer dunia, ungkap Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Situ Nurbaya Bakar.

Cagar Biosfer Blambangan mencakup kawasan seluas 678.947,36 Ha yang terbagi ke dalam 3 zona yaitu area inti seluas 127.855,62 Ha yang meliputi 4 kawasan konservasi terdiri atas 3 Taman Nasional (TN Alas Purwo, TN Baluran, dan TN Meru Betiri) dan satu Cagar Alam Kawah Ijen, zona penyangga seluas 230.277,4 Ha, dan area transisi 320.814.34 Ha.

Dalam membangun beberapa fasilitas penunjang di TNAP seperti akses jalan, fasilitas perlindungan kawasan konservasi dan perlindungan heritage, pihaknya segera mengambil langkah untuk berkomunikasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), ungkap Siti, Minggu (27/3).

Dengan otoritas taman nasional penuh berada pada Kementerian LHK, peran konservasi pada TNAP bernilai tinggi bukan hanya pada jalan saja tetapi juga fasilitas keberlangsungan fauna di dalam dan bangunannya.

Keunikan dan keanekaragaman hayati serta budaya masyarakat setempat menjadi salah satu dasar untuk mengelola kekayaan serta menyiapakan destinasi sehingga konservasi berintegrasi antara sektor ekonomi dan pariwisata.

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela
Pic : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here