Taman Laut Indonesia, Saatnya Menjadi Destinasi Wisata Utama

0
2057

Keindahan alam Indonesia merupakan kekayaan Negara yang amat berharga. Negara manakan yang memiliki pulau-pulau terbanyak di dunia selain Indonesia? Berbicara alam di Indonesia sungguh beragam, gunung, lembah, hutan, air terjuan, pantai bahkan perairan bawah laut, semua memiliki keindahan masing-masing.

Salah satu kekayaan keindahan alam di Indonesia adalah taman-taman lautnya. Tentu tidak asing di telinga kita nama-nama taman laut seperti Wakatobi, Bunaken, Raja Ampat, Derawan dan lainnya. Keindahan taman laut yang ada di dalamnya sangat luar biasa. Ini harus dijaga serta dilestarikan. Bukan hanya melestarikan keanekaragaman hayati namun juga mendatangkan manfaat ekonomi bagi Negara  khususnya masyarakat sekitar pesisir pantai.

Indonesia telah memiliki 7 (tujuh) Balai Taman Nasional/BTN yang mengelola sekitar empat juta hektare Taman Nasional Laut/TNL, yaitu BTN Kepulauan Seribu, BTN Wakatobi, BTN Takabonerate, BTN Karimun Jawa, BTN Bunaken, BTN Togian, dan Balai Besar TN Teluk Cendrawasih.

Presiden Joko Widodo pada arahan pembuka rapat terbatas (ratas) dengan topik bahasan pengalihan kewenangan pengelolaan taman nasional laut yang dilaksanakan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, 30 Maret 2016, meminta agar masalah pelestarian taman nasional laut menjadi perhatian semua kementerian dan lembaga. Bahkan perlu ada satu Kementerian yang memegang tanggungjawab, dan memiliki kewenangan dalam perlindungan, konservasi, dan pengelolaan  taman bawah laut.

Presiden menginstruksikan agar Kementerian Pariwisata memberi perhatian dan sentuhan khusus pada penyiapan taman laut sebagai destinasi wisata dan memperkuat promosinya. Kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Pemerintah Daerah juga dipesankan agar anak-anak dididik  untuk mencintai laut, mencintai bahari sehingga ikut menjaga dan merawat  taman laut serta ekosistemnya sejak usia dini.

Waktunya keindahan taman-taman laut hasil maha karya Sang Pencipta bagi negeri kita Indonesia menjadi destinasi wisata utama yang benar-benar memberikan manfaat maksimal.

 

Journalist: Nanie                                                                                                                                            Editor: Emy T                                                                                                                                                     Foto : Fanny Sue/Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here