Perlancar Distribusi Barang Ke Pelosok, Presiden Resmikan Beberapa Proyek Tol Laut di Indonesia Timur

0
834
Program pemerintah tol laut. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Dalam rangka meresmikan beberapa proyek infrastruktur, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat selama 3 hari.

Dalam kunjungannya tersebut Presiden meresmikan beberapa proyek diantaranya Jembatan Merah Putih di Ambon, Pelabuhan Laut di Wasior, Energi Baru Terbarukan di Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Jembatan Merah Putih di Ambon terbagi menjadi 3 bagian terdiri dari jembatan pendekat Poka (Poka approach bridge) sepanjang 520 meter, jembatan pendekat Galala (Galala approach bridge) sepanjang 320 meter dan jembatan utama (main bridge) sepanjang 300 meter.

Sedangkan tinggi jembatan tersebut mencapai 34,1 meter di atas permukaan laut dengan biaya anggaran mencapai Rp 772,9 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara secara multi years.

Selain itu, dalam menunjukkan keseriusan program tol laut Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, ada sebanyak 5 pelabuhan yang juga akan diresmikan dalam kunjungan kerja tersebut yaitu Pelabuhan Galela, Pelabuhan Wonreli, Pelabuhan Tobelo, Pelabuhan Tutu Kembong, Pelabuhan Pulau Teor. Dari 5 pelabuhan tersebut peresmiannya akan dipusatkan di Pelabuhan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara.

Melalui koneksi antar pelabuhan-pelabuhan laut menciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok. Pembangunan transportasi laut merupakan ketegasan dari pemerintah untuk menyediakan sistem logistik antar pulau dan di kepulauan agar dapat terhubung dengan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara.

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here