Bangun 10 Pabrik Baru, Langkah Kementan Penuhi Kebutuhan Gula Nasional

0
586

(Vibizmedia – Nasional) Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan mengurangi ketergantungan gula impor dari beberapa negara seperti Singapura, Thailand dan Australia.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa untuk mengurangi ketergantungan gula impor tersebut, Pemerintah berencana membangun 10 pabrik gula baru dan pengembangan pabrik gula tua.

Amran sampaikan bahwa penambahan 10 pabrik baru tersebut akan tersebar di beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Sulawesi Tenggara, Kalimantan dan daerah eksisting lainnya, ungkapnya Selasa (19/4).

Sebagai upaya mempercepat pendirian pabrik gula baru dan membantu investor, Kementan akan menyediakan jalan untuk lahan apabila fasilitas tidak mencukupi. Sampai saat ini, pembangunan pabrik baru yang telah di mulai di daerah Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan lahan tebu sebanyak 15.000 hektar.

Untuk membangun 1 pabrik gula berkapasitas 10 ribu TCD memerlukan investasi sebesar Rp 5 triliun, pemerintah saat ini tidak mempunyai dana yang tidak mencukupi untuk itu mengundang investor dalam membangun dan mengembangkan pabrik gula nasional, ungkap Amran.

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela
Pic           : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here