Palmerston Island, Pulau Kecil Dengan Banyak Kisah

0
3824

(Vibizmedia – Culture) – Memang mungkin belum banyak yang tahu akan Palmerston Island. Tempat yang berpenduduk sekitar 62 orang ini, memang menyimpan banyak kisah. Terletak sekitar 3,200 kilometer dari Selandia Baru, memang bisa dikatakan masih cukup asli. Tidak ada lapangan terbang, dan tak banyak turis yang mengunjunginya.

Dilihat dari alamnya, Palmerston Island sebenarnya sangatlah indah. Disana, pastinya bisa dijumpai koral, air laut yang jernih, dan juga laguna. Namun, kisah Coral atoll yang berada di Pasifik ini sebenarnya bukan hanya keindahannya, namun juga sejarahnya.

Palmerston Island sendiri, ditemukan oleh Richard Marsters, seorang penjelajah berkebangsaan Inggris pada tahun 1883. Saat itu, ia juga membawa dua orang istrinya yang berasal dari Polynesia, yaitu Akakaingaro, yang dikenal sebagai Sarah, dan juga Tepoi Tinioi, yang merupakan sepupu dari Sarah. Terakhir, ia juga menikah dengan Matavia, yang juga berasal dari Polynesia. Dari pernikahannya, ia akhirnya mendapatkan 23 orang anak, dan juga 134 cucu yang akhirnya meramaikan pulau tersebut. Di Palmerston Island, ia hidup dari mengusahakan kelapa.

Untuk menuju ke Palmerston Island, memang tidaklah mudah. Bahkan, turis yang ingin mengunjunginya, harus “diadopsi” dulu oleh penduduk setempat. Jadi, harus ada keluarga disana yang mendampingi jika memang ingin mengunjungi Palmerston Island, dengan kata lain, sepertinya pengunjung tidak bisa sesukanya saja berkelana di pulau tersebut. Namun, bisa dikatakan penduduk disana sangatlah baik.

Palmerston Island2

Hobi penduduk disana, biasanya adalah bermain voli pada pukul 4 sore waktu setempat. Hal yang mengalahkan hobi mereka bermain voli, hanyalah kesukaan mereka ke gereja setiap hari Minggu, dimana mereka bisa mengikuti ibadah beberapa kali, dengan mengenakan pakaian terbaik mereka. Gereja yang ada disana, adalah karena jasa misionaris asal Inggris yang bernama William Wyatt Gill yang mengunjungi Palmerston Island.

Palmerston Island

Palmerston Island, atau Atoll, berlokasi sekitar 500 kilometer atau 310 miles dari barat laut Rarotonga, yang merupakan bagian dari Cook Islands. Ada kebiasaan yang unik pada penduduk Palmerston Island, yaitu mereka tidak mengizinkan adanya pernikahan dengan sesama penduduk pulau. Jadi, jika ada warga pulau yang ingin menikah, tentunya harus mencari pasangan dari luar pulau. Sekolah yang ada di pulau tersebut hanya ada satu, namun pendidikan bisa dikatakan cukup maju. Bahkan, ada juga yang sudah bercita-cita ingin melanjutkan kuliah ke Amerika Serikat.

Palmerston Island, memang menyimpan banyak cerita yang mungkin tak banyak diketahui orang. Mendengar namanya pun masih tergolong jarang. Memang, pulau dengan koral indah dan air lautnya yang jernih itu, memang belum setenar tempat lainnya, mengunjunginya pun masih terbilang sulit. Namun keasliannya, tentunya memberikan kesan tersendiri bagi pulau yang begitu indah tersebut.

Fanny Sue/ Journalist/VMN
Images : BBC
Editor : Fanya Jodie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here