Pemerintah Segera Terbitkan Perppu Perlindungan Kekerasan Seksual Terhadap Anak

0
685
Rapat Terbatas Membahas Perppu Perlindungan Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Kantor Presiden. FOTO : SETPRES/KRIS

(Vibizmedia – Nasional) Pemerintah segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk perlindungan kekerasan seksual terhadap anak.

Saat ini, Pemerintah sedang mengkaji draft Perppu yang diusulkan bersama-sama semua Kementerian/Lembaga melalui uji publik yang sangat komprehensif dan mendalam, diantaranya Menteri Kesehatan, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Sosial, Menteri Agama dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan bahwa berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo kekerasan seksual terhadap anak adalah kejahatan luar biasa.

Dalam Perppu yang segera akan diterbitkan ini, kekerasan seksual terhadap anak masuk kategori pemberatan hukuman. Pemberian hukuman pokok, maksimal bisa sampai dengan 20 tahun, dengan hukuman tambahan dilakukan kebiri khusus untuk paedofil dan pemberian chip kepada pelaku agar dapat dideteksi atau dipantau.

Selain itu, publikasi identitas dan pemberian hukuman sosial untuk bisa memberikan efek jera bahkan termasuk kemungkinan ancaman hukuman mati akan diurus oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Sedangkan mekanisme penggunaan chip yang sebelumnya sudah pernah dilakukan dibeberapa negara, secara teknis untuk pemasangan dan pengawasannya akan dilakukan oleh Kapolri atau kepolisian, ungkap Puan di kantor Presiden, Rabu (11/5).

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here