(Vibizmedia – Culture) – Mungkin, namanya jarang terdengar dibandingkan pulau lainnya yang ada di Raja Ampat. Ya, pulau Misool, Arborek, Waisai, Waiwo, Waigeo, tentunya sudah sangat sering terdengar di telinga. Namun, nama Pulau Ransiwor tentunya begitu jarang terdengar di telinga.

Ya, pulau ini memang bisa dikatakan pulau yang jarang dibicarakan orang. Alasannya, tentu saja karena pulau ini masih kosong dan sepi. Pulau Ransiwor, memang tak berpenghuni dalam kesehariannya, dan sepertinya tak pernah didatangi wisatawan. Namun, sepinya Ransiwor, membuat keindahan alami yang terpancar lebih terlihat jelas, bagaikan kanvas alam dengan warna-warni yang sungguh memukau mata.

Ransiwor4

Tak banyak yang tahu jelas tentang keberadaan pulau ini, kecuali sang pemilik pulau yang bertempat tinggal di pulau lain. Kisah keindahan pulau ini, bermula dari sekelompok traveller asal Jakarta yang berupaya untuk mencari pulau yang masih alami di Raja Ampat, Papua Barat. Dengan upaya yang tak sebentar, dan juga adanya bantuan dari Christian,  sahabat yang merupakan penduduk asli Pulau Sawingrai, Raja Ampat, maka akhirnya tim traveller tersebut berhasil menemukan Pulau Ransiwor, pulau yang masih alami dan tak berpenghuni saat itu.

Saat menemukan pulau Ransiwor, tentunya tim traveller tidak mungkin begitu saja bisa menginap tanpa izin dari pemiliknya. Untungnya, Christian kenal dengan pemilik pulau indah tersebut, sehingga akhirnya tim traveller tersebut bisa bernegosiasi dengan kesepakatan untuk berada di pulau Ransiwor dalam jangka waktu beberapa hari.

Ransiwor5

Sore hari, merupakan pemandangan yang paling menarik, dimana sang surya mulai masuk ke dalam peraduannya. Saat itu, langit yang bagaikan kanvas alam, mulai memancarkan warna-warni yang berganti, mulai dari warna keemasan yang merata, dan juga warna-warni yang bergradasi, seperti merah jambu, kuning, dan biru keunguan. Suatu pemandangan yang indah, di tengah suasana sepi yang masih alami.

Ransiwor2

Ada hal menarik yang pastinya sulit dilupakan di Pulau Ransiwor ini, yaitu pemandangan laut yang mengelilingi pulau. Air lautnya jernih, bagaikan lukisan. Ketika sang surya memantulkan cahayanya, warna air laut pun ikut berubah. Terkadang bening jernih, biru toska, dan juga biru tua. Sungguh, suatu lukisan alam yang begitu indahnya di pulau yang tak pernah terdengar telinga. Ditambah lagi, suara dari burung-burung disana, tentunya membuat suasana semakin terasa alami.

Ransiwor3

Pulau Ransiwor, pulau ini memang seperti tersembunyi diantara berbagai pulau lainnya di Raja Ampat. Namun, keindahannya sungguh tak terpungkiri. Bukan hanya pemandangan di atas lautnya, tetapi di bawah lautnya pun sangatlah indah, seperti karang, ikan laut, dan penyu yang bisa dilihat dengan mata. Ransiwor memang bagaikan kanvas tersembunyi di Raja Ampat. Ya, kanvas indah, dengan simfoni warna-warni di segala sisinya.

Fanny Sue/ Journalist/VMN
Images : Vibizmedia/Sharon & Abelyn
Editor : Fanya Jodie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here