Dorong Perekonomian Daerah Yang Berkelanjutan, OJK Fokus Program Transformasi BPD

0
719
Sinergi Bank Pembangunan Daerah, 26 Mei 2015. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Langkah pemerintah terus mendorong Bank Pembangunan Daerah (BPD) menjadi bank yang berdaya saing tinggi dan kuat untuk pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nelson Tampubolon mengatakan program transformasi menjadi salah satu harapan untuk meningkatkan kapasitas BPD dalam mendukung perkembangan perekonomian daerah.

Melihat potensi lingkungan dan terjadi perkembangan, OJK fokus pada program transformasi BPD, terbukti melalui Program transformasi BPD yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 26 Mei 2015 lalu.

BPD telah memasuki 1 tahun awal implementasi. Sampai dengan akhir Maret 2016 lalu, total aset BPD sebesar Rp 531,30 triliun meningkat sebesar 6,48% (yoy), Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp 432,44 triliun meningkat 5,27% sedangkan penyaluran kredit sebesar Rp 328,19 triliun meningkat 8,12% (yoy).

Dengan laba BPD yang tumbuh sebesar 7,91% (yoy), Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) mencapai 20,61%, rasio gross NPL per Maret 2016 relatif stabil sebesar 3,89% dari sebelumnya sebesar 3,83%.

Dari total kredit yang disalurkan, kontribusi BPD terhadap perekonomian daerah masih tergolong kecil yaitu sebesar 30% dari pangsa kredit produktif.

Beberapa perkembangan yang terjadi selama 1 tahun melalui program transformasi BPD yaitu pembentukan Project Management Office (PMO) sebagai penggerak program transformasi yang telah di capai oleh BPD dan Asbanda.

Selain itu, diluncurkannya platform BPD Net Online dan program laku pandai oleh BPD Kalimantan Timur pada akhir tahun 2015 lalu yang akan diikuti oleh beberapa BPD lainnya pada tahun 2016 ini, ungkap Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon, Senin (23/5).

Journalist  : Rully
Editor       : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here