Wujudkan Peningkatan Kerja Sama Pemerintah Indonesia – Jepang, Bangun Pelabuhan Patimban dan Proyek Listrik di Batang

0
749
Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Shinzo Abe Mengadakan Pertemuan Bilateral Membahas Peningkatan Kerjasama Indonesia - Jepang. FOTO : SETPRES/LAILY

(Vibizmedia – Nasional) Disela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi G-7 di Shima, Jepang, Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe.

Indonesia mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari Perdana Menteri Shinzo Abe sebagai negara terbesar di ASEAN. Pertemuan yang dilakukan terbuka dan sangat bersahabat itu, kedua kepala negara membahas berbagai isu pending serta peningkatan kerja sama ekonomi Indonesia – Jepang.

Salah satu kerja sama tersebut adalah pembangunan pelabuhan Patimban di Jawa Barat,  dengan estimasi biaya sebesar Rp 40 triliun, pengerjaan pelabuhan akan dimulai pada 2017,  dimana penyelesaian tahap pertama dua tahun berikutnya dengan kapasitas yang diusulkan sebesar 7,5 juta teus plus 250 ribu mobil.

Pelabuhan dengan standar internasional ini, bertujuan mendukung kegiatan ekspor di kawasan utara Jawa Barat, seperti Cikarang dan Karawang.

Selain itu, dalam kerja sama tersebut Perdana Menteri Shinzo Abe berharap agar isu auto tariff dapat segera diselesaikan dan terkait penyelesaian akses pasar untuk produk perikanan, pertanian dan hortikultura (kategori R & Q) dalam satu paket, ungkap Presiden Joko Widodo, Kamis (26/5).

Pertemuan yang merupakan keempat dalam kurun waktu kurang dari dua tahun ini, kedua pemimpin tersebut juga membahas kerja sama pembangunan proyek listrik di Batang yang memiliki kapasitas 2 x 1.000 MW dan menjadi salah satu andalan untuk pasokan baru ke Jawa serta rencana pembangunan jalur kereta api lintas utara Pulau Jawa.

Kerja sama perdagangan Indonesia – Jepang selama periode tahun 2015, volume perdagangan tercatat sebesar USD 31,27 miliar dengan nilai ekspor sebesar USD 18,01 miliar dan impor sebesar USD 13,26 miliar.

Sedangkan di bidang investasi, Jepang menjadi negara peringkat ketiga terbesar investor di Indonesia dengan nilai sebesar USD 2,87 miliar dalam 2.030 proyek. Selain itu, dari sisi wisatawan pada tahun 2014, terdapat 486.687 wisatawan yang berkunjung ke Indonesia, ungkap Presiden Joko Widodo, Kamis (26/5).

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here